Pos

My Scary Me

Gambar
“Selama rasa dendam tidak bisa kubawa pergi dan kubuang jauh dari wujud ini. Aku tidak akan membiarkanmu pergi.”
Di kota Esmerald pada malam hari—seperti yang mereka tahu, senyap dan hening bersatu. Nyaris tak bersuara, selain ketukan ritme langkah kaki yang mengadu pada bumi. Ia terhenti di tengah pertigaan—berpisah pada ketiga kawan. Lantas, sendirian ia melanjutkan perjalanan ke jalan Ruby menuju perumahannya. Lampu jalan redup, angin malam yang menusuk rusuk, seakan tak penat mengikuti langkahnya.Ia tak lama sadar—sebuah siluet tubuh berbeda membututinya. Namun, tak ada suara langkah kaki atau hembusan napas yang terserap telinga. Apapun itu, ia memilih untuk tidak menoleh ataupun terhenti untuk sekedar memastikan. Bisa jadi itu pencopet atau pemerkosa yang sudah terlatih. Berpikiran negatif, membuat napasnya sengal. Dahi dan telapak tangannya berkeringat—ia berjalan sambil mengempit tasnya rapat, lebih tergesa.Tak terduga, ia dengan berani menghentikan langkahnya dan berbalik, men…

Raja Kuliner Nusantara, Kurasa ….

Gambar
Pict: Justtryandtaste.com
“Setelah kaldu mendidih masukan irisan wortel, kembang kol dan brokoli. Kemudian aduk perlahan bagai kehidupanku yang monoton dan tidak berkembang.”Kaki jenjang Bu Meri disilangkan, dia gusar membaca tulisan resepku, sampai-sampai kertas HVS-ku itu dia dekatkan ke wajahnya agar dia mengerti betapa pentingnya memahami otakku. “Kenapa ditambahin curhatan segala? Tulis hal-hal ironi dramatik di diary kamu saja. Lagi pula …,” dia membolak-balik halaman resepnya, “kamu menuliskannya sepanjang tiga lembar, padahal ini cuma sayur sop!” “Bukannya masakan dinilai dari rasanya, bukan resepnya?” Aku memberi pembelaan sambil membuang muka, malu.“Itu sih belum seberapa. Parahnya dititik ini.”Sayangnya, dia nggak peduliin aku. Kukira, kalimatku membuatnya terpukau.“Hati-hati saat mengaduk kaldu mendidih, jangan sampai tersiram ke wajahmu ketika bercanda dengan adikmu yang blo’on itu. Yang terpenting, masak dengan wajah ceria karena keceriaan adalah bumbu penyedap tambahan, …

Dibuang sayang: berbagi cerpen-cerpen sekitar 2011-2012

Gambar
Dahulu kala, Arbie Sheena memulai ambisinya dengan mengikuti berbagai kompetisi menulis, dari sana banyak cerita pendek lahir dari hasil lamunannya sewaktu beres-beres rumah. Cerita-cerita pendeknya ada yang berhasil diterbitkan secara indie dan mayor, ada juga yang terbengkalai karena kalah bersaing dengan ratusan peserta. Karena itu Arbie Sheena berinisiatif, mulai detik ini akan menerbitkan karyanya via blog pribadinya daripada disimpan di folder berjudul ‘dibuang sayang’ dan ‘sayang-sayang kamu’. Dan tulisan-tulisan itu benar-benar murni dibuat beberapa tahun lalu ketika Arbie Sheena belum begitu memahami EYD dengan baik. Untuk waktu ngepostnya Arbie Sheena tidak bisa berjanji, katanya, “asal ada wifi gratis, baru ngepost.” Jangan terlalu irit Arbie, nanti kamu sakit. Dengan template baru yang manis, Arbie Sheena akan semakin memperbaiki mutu blognya serta konsisten ‘mengisi’ dengan berbagai artikel yang akan menginspirasi kalian.
Selain cerita pendek, katanya Arbie Sheena bakal ng…

Bie mantan udah nikah, lo kapan?

Gambar
Pict: kisah-motivasi.com

This is it! Seperti artikel parodi “Kapan nikah?” gue juga kayaknya harus mempersiapkan jawaban atas pertanyaan “Bie, mantan udah nikah terus lo kapan?” Selepas maret nanti. Kadang gue juga berpikir keras kenapa gue harus mempersiapkan jawaban dari pertanyaan manusia-manusia jenaka yang nggak paham pas mantannya nikah? Anehnya, sebab gue was-was bukan karena mantan yang pernah masuk ke kehidupan gue bakalan nikah bentar lagi, tapi lebih pada pertanyaan di atas yang bikin gue ketar-ketir, dan kata temen, “lo tuh cuma mencemaskan hal yang paling nggak berguna di dunia ini tau nggak, Bie?”Kemudian teman gue lainnya mungkin akan menjawab dengan dialek jawa, “YANG SABARE, INI UJIAN.” Sambil nonton kasus mantan ngamuk di resepsi pernikahan dan bikin gue illfeel tanpa sebab. Meski begitu, gue tetep akan bikin list jawaban kalau ditanyaiin sama orang-orang yang ‘peduli’ akan gue.
Semisal ditanya sama temen dekat yang sering gue curhatin, “Bie, ini udah bulan maret, si …

Gue Kutuan!

Gambar
Banyak spekulasi penyebab awal serangga ini berevolusi (?) di mahkota gue. Dari mulai ketularan keponakan gue yang dua, ketiga, atau keenam. Tapi ketika gue interogasi kutunya, mereka semua nggak jawab. Jadinya gue nggak bisa minta pertanggung jawaban atas pembuahan ditiap lembar rambut gue. Gue harus cabutin satu-satu sampe pegel.Gue terakhir kutuan itu waktu SMP (bangga, Bie?) dan ujug-ujug ketularan lagi pas udah punya keponakan enam biji, jadi gue bener-bener nggak paham rasa gatel berkepanjangan, rasa panas, bawaannya pengen marah-marah aja, garuk-garuk terus kayak hanoman asbabnya itu KUTU, gue pikir cuma ketombean biasa, ternyata malah ada koloni di sana.Gue udah sampoin sampai gue gesek-gesek, pijit-pijit, jambak-jambak. Kutunya tetep aja enggan kudeta. Apa perlu gue bom dulu biar pada pergi? Sumpah detik itu rasanya gue pengen gundulin rambut gue biar kayak karakter di One Punche Man, gan. Tapi emak bilang, “ya udah, gundulin aja gih.”Tega, candaan gue dianggap serius, gan. E…